LOMBA DONGENG GRESIKAN PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 MANYAR GRESIK

Melestarikan suatu kebudayaan daerah tidak mudah begitu saja. Diperlukan penanganan yang serius karena membutuhkan penelitian dan pengamatan dari berbagai para seniman dan kerja budaya. Dalam rangka memperkenalkan dialek Gresikan Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar menyelenggarakan Lomba dongeng Minggu 28 April 2024 di GresMall dengan mengangkat tema “Nguatno Budi Pekerti lan Nyelamatno Budaya Gresikan”.

Kepala Sekolah Dian Kartikowati dalam sambutannya menceritakan tentang banyaknya bahasa di Indonesia yang mempunyai ciri-ciri tersendiri dalam setiap daerah sehingga kaya akan budaya. Gresik yang mempunyai julukan kota santri bahasa merupakan identitas bangsa yang harus dilestarikan dan dijaga sehingga para generasi berikutnya tidak punah dalam berbahasa daerah Gresikan. Selanjutnya Kepala Sekolah mengingatkan kepada peserta sebelum diumumkan para pemenang semuanya adalah baik dalam penampilannya namun dewan juri akan memilih diantara kalian dari 54 peserta baik dari SD maupun SMP sehingga terpaksa yang lain belum dapat juaranya tidak usah kecewa.

Ditemui di cela-cela Lomba Kepala Perpustakaan Nurul Wafiayah menyatakan bahwa dengan lomba ini dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berbahasa dan komunikasi tentang nilai-nilai dan budaya yang luhur.

Tinggalkan Balasan