SEJARAH PENDIRIAN

Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar  beridiri bersamaan dengan berdirinya SMA Negeri 1 Manyar Gresik sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayan . No. 0887/0/1986  tanggal 22 Desember 1986. Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar mulai mempunyai surat Keputusan berdiri pada tanggal 1 April 2017 Oleh Kepala Sekolah, . Walaupun dibilang masih baru namun segala kebutuhan bahan bacaan lengkap dan memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam Undang-undang no 43 tahun 2007 tentang perpustakaan sekolah. Perpustakaan merupakan jantung pengetahuan dan pengetahuan adanya di sekolah. Maka dari itu perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan sebagai pusat ilmu dan penambah pengetahuan di Sekolah.

Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar Gresik telah menempati  kantor  yang baru dengan luas 2,5 kalipatnya perpustakaan yang lama.

Perpustakaan yang baru ini menempati luas tanah 300 m2 ditambah dengan ruang  baca terbuka seluas 80 m2, dengan koleksi  baca 15. 000 buku dan 5000 judul buku,. Didalam perpustakaan yang baru ini terdapat ruangan khusus dan umum. Ruangan khusus untuk mencarian buku referensi sebagai pusat penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan peserta didik, sedangkan ruangan umum adalah bacaan koleksi buku, majalah, surat kabar serta dilengkapi dengan Ebook, internet untuk browsing pelajaran.

Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar menggunakan layanan outomasi yang terbuka dengan pencarian buku katalog Opac bisa melalui online disamping didalam  perpustakaan disediakan seperangkat komputer dan katalaog manual.

Dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan, perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar Gresik selalu menambah koleksi buku dan memperluas jaringan internet. Sehingga bisa dinikmati baik warga sekolah, warga sekitarnya dan masyarakat umum.